Natuna The Northern Pearl of Indonesia

Written By Yantop7 on Monday, December 3, 2012 | 12:23 AM

Pernah dengar nama Natuna? Kalau ada yang menjawab Natuna adalah sebuah Pulau, berarti Anda salah. Natuna adalah salah satu kabupaten terluar di Indonesia sebelah utara. Pulau terbesar di Natuna adalah Pulau Bunguran, pulau itulah yang banyak orang menyebutnya dengan Natuna. Padahal kabupaten Natuna sendiri terdiri dari 154 Pulau, baik yang berpenghuni maupun tidak. Disebelah utara berbatasan dengan Negara Vietnam dan Kamboja, sementara sebelah timur dengan Malaysia Timur dan Kalimantan Barat. Mayoritas penduduk Natuna adalah suku Melayu sehingga adat ketimuran masih dijunjung tinggi disana.

Destinasi wisata di kabupaten Natuna sangat banyak, mulai dari wisata alam seperti, pantai, sungai, gunung, air terjun, wisata budaya, sampai wisata rohani. Dinas Pariwisata kabupaten Natuna pun berusaha keras untuk menggalakan pariwisata di Natuna agar wisatawan asing mendatangi wilayah ini. Diantara objek wisata terkenal adalah Alif Stone Park dan Masjid Agung Natuna yang wajib dikunjungi saat berada disana.

Alif Stone Park
Jangan Anda bayangkan Alif Stone Park taman yang penuh dengan tanaman hijau, bunga dan dikelilingi bebatuan. Alif Stone Park merupakan taman berbatu yang memadukan unsur pantai berpasir dan air yang jernih dengan hamparan batu megalith raksasa. Diantara jajaran batu berukuran super tersebut, ada satu batu yang bergaris putih terletak paling tinggi diantara yang lainnya menyerupai huruf Arab alif. Itu sebabnya dinamakan Batu Alif atau Alif Stone. Tapi akhirnya ditambahi dengan kata park dibelakangnya untuk merujuk pada keseluruhan area komplek bebatuannya.
Natuna The Northern Pearl of Indonesia
Alif Stone Park

Masjid Agung Natuna
Mega proyek masjid ini berawal dari sebuah harapan dan rencana besar Bupati Natuna kedua, Daeng Rusnadi, untuk membentuk simbol daerah atau landmark Natuna. Dengan moto "Natuna Gerbang Utaraku" yang bermakna Natuna sebagai gerakan membangun untuk kesejahteraan anak cucuku, akhirnya proyek ini pun disetujui Dewan dan seluruh masyarakat.

Rencana awal pembangunan masjid lengkap dengan sarana penunjangnya berupa pusat ibadah, pendidikan, bisnis, perkantoran, terminal, asrama haji, gedung olahraga dan gedung serbaguna dibangun diatas lahan seluas 40.000 meter persegi, dengan anggaran sebesar Rp. 700 milyar. Tapi seiring dengan situasi dan kondisi, rencana awal itu berubah menyesuaikan anggaran dan kebutuhan yang ada saat itu.
Natuna The Northern Pearl of Indonesia
Masjid Agung Natuna

10 komentar:

Brebes VS Lamongan said...

trmkas sobat info yng sangat bermanfaat banget sobat

budi os 19 said...

masjid agung nya bagus ya sob...smoga berjln lancr ya pembgnannya :)

Yantop7 said...

terima kasih sobat Brebes VS Lamongan.

Yantop7 said...

terima kasih sobat budi os 19, aminn...

De Widiani said...

Kunjungan balik, :)
Aku baru dengar tuh Natuna, hehehe...
btw, masjidnya, bagus banget... :D

Icah Banjarmasin said...

Subhanallah masjidnya bagus banget ya bang Yantop.

Yantop7 said...

terima kasih sobat De Widiani.

Yantop7 said...

terima kasih sobat Icah Banjarmasin.

Maz Brams said...

Pernah dengar nama Natuna?
jawab: pernah sob barusan.. hehe..
Nice share sobat.. lanjutkenn!!

Yantop7 said...

hehehe...bisa ngelucu juga nih Maz Brams ya.

Post a Comment

Powered by Blogger.